Powered By Blogger

Minggu, 18 Desember 2011

DEFINISI CYBERPRENEUR/INFOPRENEUR DAN PEMANFAATAN TELEMATIKA

*DEFINISI CYBERPRENEUR/INFOPRENEUR :
  ¨Infopreneur adalah orang yang bisnia utamanya adalah berbagi dan menjual informasi elektronik
¤Membuat blog / website
¤Memasarkan produk sendiri / orang lain
¨Berasal dari kata “information” danenterpreneur
¨Umumnya adalah seorang enterpreneur yang menghasilkan uang dengan cara menjual informasi melalui internet
¨Istilah infopreneur sekarang ini dipergunakan di internet sekitar 177000 sedangkan cyberpreneur hanya 3440
¨Profesi ini sudah ada sebelum internet berkembang pesat. Biasanya mereka menjual informasi melalui audio cd, cd rom, video, talk show, conference
¨Dengan adanya internet, mereka bisa menjual informasi melalui internet
¨Pangsa pasar yang lebih luas karena internet bisa diakses dari seluruh dunia
APA YANG DIPERLUKAN :
¨Website dan blog
¤Menyajikan informasi yang berguna
¤Traffic yang tinggi
¤Memasarkan produk
¤Search engine friendly
¨Content – Traffic – Presell – Monetize
¨CTPM
¨Berbagai website yang dikembangkan
¨Tujuannya: lebih kearah penyedia berita, layanan sms, layanan diskusi, layanan direktori atau hal umum yang diinginkan orang lain
¨Website:Katalog, Online store, lelang Blog
¨Forum
¨Jasa : jasa membuat website, program
¨Mengembangkan ruang iklan
¨Dengan script yang sudah ada
¨Dengan menyediakan ruang iklan baris
¨Search engine
¨Pasang iklan/adwords yang tepat adalah di google adwords untuk bisa mendapatkan pengunjung yang banyak.
¨Banner yang berubah
¨Affiliate program:Update program menjadi menarik pengunjung
¨Website yang berhasil: website yang banyak dikunjungi orang minimal 1000 pengunjung per hari
¨Perlu proses untuk menghasilkan 1000 pengunjung
¨
¨Memberikan rekomendasi produk dengan cara membandingkan beberapa produk
¨Digunakan pada website dengan type Blogs, Reviews, Comparation
¨Dituliskan dengan bahasa Inggris
¨Kesimpulannya P tidak wajib
¨Rumus baru C – T – (P) - M
 
 
 
 
*PEMANFAATAN TELEMATIKA :
-.  Telematika sudah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia, bahkan menjadi komoditas industri, bisnis informasi, media dan telekomunikasi
-.  Perubahan (kemajuan ) dalam teknologi telematika telah mentransformasikan pola ekonomi, pola hidup dan cara melakukan bisnis secara signifikan
-.  Pemanfaatan internet dalam e-Business secara nyata dapat menekan biaya transaksi bisnis dan memberikan kemudahan dalam melakukan diversifikasi kebutuhan
-.  Pemanfaatan internet dalam e-Government juga telah terbukti dapat meningkatkan kinerja pemerintah didalam penyediaan informasi dan penyelenggaraan layanan kepemerintahan kepada masyarakat dan kalangan bisnis

-.  Pemanfaatan internet dalam e-Health, e-Education, dan lain-lain secara nyata telah memberikan nilai tambah bagi masyarakat
-.  Pengaruh lebih jauh perkembangan telematika berimplikasi pada transformasi pola ekonomi yang semula berorientasi pada “Supplier” kearahKonsumen”.
-.  Konsumen secara mudah dapat melakukan pencarian dan perbandingan untuk mendapatkan produk berkualitas tinggi dan dengan harga kompetitif
-.  Perkembangan telematika juga mempengaruhi pola dan fungsi pemerintah, dari semula bersifat memiliki, mengembangkan dan mengoperasikan industri, berubah menjadi penentu kebijakan, pemberi regulasi, pemantau dan pendorong perkembangan sektor industri

*PERAN TELEMATIKA :
I.  Sebagai bidang usaha
  (Telematika menjadi core bisnis)
  a.  Industri
  b.  Perdagangan
  c.  Jasa
II.  Sebagai penunjang usaha
  (Telematika sebagai enabler) :
  a.  Efisiensi
  b.  Peningkatan daya saing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar